Headlines News :
Home » » Hubungan Minyak Dengan Ban Bekas

Hubungan Minyak Dengan Ban Bekas

Written By MTs Rifa'iyah Wonokerto I Ponpes Faidlul Qodir I on Senin, 19 November 2012 | 11/19/2012 03:56:00 AM

MTs Rifa'iyah Wonokerto - Artikel kali ini akan menjelaskan tentang kaitan atau hubungan minyak dengan ban bekas. Ban? tahu bukan? Ban terbuat dari bahan dasar karet alam. Karet alam bisa didapatkan dari pohon karet. Pohon karet akan bisa menghasilkan karet sebagai getahnya. Getah karet harus diambil pada saat matahari belum muncul atau bersinar, karena jika matahari sudah muncul maka getah karet yang bisa dipanen akan sedikit jika dibandingkan pada saat pengambilan sebelum matahari bersinar.

Hubungan Minyak Dengan Ban Bekas - Getah Karet

Getah karet kemudian dilakukan prosesing di pabrik pengolahan getah karet (biasanya kalau di Indonesia dilakukan oleh PTPN Tanaman Karet). Kemudian setelah berubah menjadi bantalan-bantalan karet, dikirim ke pabrik-pabrik yang membutuhkan karet sebagai bahan dasar pembuatan produk yang akan dihasilkan. Salah satu pabrik yang memerlukan bantalan karet adalah pabrik ban. Lantas apakah ada hubungan minyak dengan ban bekas? simak paragraf selanjutnya.


Hubungan Minyak Dengan Ban Bekas - Goodyear
Setiap tahun 200 juta ban mobil bekas bisa diubah menjadi minyak kalau percobaan dari perusahaan Goodyear dan perusahaan minyak Amerika Tosco berhasil melakukannya. Duapuluh lima ton ban bekas bisa dikerjakan dalam waktu satu hari. Dalam proses itu, ban-ban tersebut akan dimasukkan ke dalam sebuah oven pembakar yang berputar dengan perantara bola-bola berbahan keramik sampai panasnya mencapai 1200 derajat celcius. Hasilnya adalah berupa minyak, gas dan arang halus yang bisa digunakan untuk produksi ban lagi. Asalkan jumlah ban bekas itu bisa didapatkan, maka Amerika akan memperoleh 8 juta barel minyak ekstra setahun. Demikian artikel singkat tentang hubungan minyak dengan ban bekas. (Der Spiegel).

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website |
Copyright © 2012 - 2013. MTs Rifa'iyah Wonokerto I Ponpes Faidlul Qodir I - All Rights Reserved
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang