Headlines News :
Home » » MTs Rifa'iyah Wonokerto : Study Banding ke MTs N Malang 1

MTs Rifa'iyah Wonokerto : Study Banding ke MTs N Malang 1

Written By MTs Rifa'iyah Wonokerto I Ponpes Faidlul Qodir I on Selasa, 02 April 2013 | 4/02/2013 07:31:00 PM


Kunjungan Belajar KK MTs dan MA di Malang
http://pekalongan.kemenag.go.id/images/news/medium_IMG_1060.JPG
Kajen Pekalongan- Sebanyak 47 orang terdiri dari Kepala madrasah, Kepala yayasan Kasubbag TU, Humas perwakilan dari masing madrasah baik negeri / suwasta maupun yayasan mengikuti kunjungan belajar ke MTsN.1 dan MAN.3 Malang Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KK MTs dan MA Kab. Pekalongan) Jum’at tanggl, 8 Maret 2013, kunjungan tersebut didampingi langsung oleh Dr.H.A.Umar, MA Kepala Kankemenag Kab.Pekalongan dan Kasi Mapenda Drs. H. Herman Helmi.
Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 11 jam, pagi hari rombongan Kunjungan Belajar (KK MTs dan MAN)  tiba dengan selamat di MTsN 1 dan MAN 3 Malang setelah sebelumnya menginap di Hote Pelangi Malang. Kunjungan tersebut lebih tepatnya di sebut dengan kunjungan belajar dari pada studi banding karena kunjungan tersebut bertujuan belajar menimba ilmu / pengalaman karena madrasah yang dituju ini merupakan salah satu MTs dan MAN model dengan mencuatkan beberapa keunggulan, MTs dan MAN model sebenarnya tidak jauh berbeda dengan model akselerasi, RSBI atau lainnya. Sekolah bisa  karena pengelolaan memang berbeda dengan yang lain. Secara fisik, gedung sekolah berdiri megah. Dibeberapa sudut terlihat pepohonan yang membuat rindang suasana sekolah.  Ruang kelas dan ruang pendukung pembelajaran terlihat luas dan bersih. Sarana olah raga dan area untuk kegiatan siswa sangat representatif.
Dalam paparannya, Drs. Sukri, M.Pd. selaku Wakil Kepala Urusan Humas menyampaikan, secara umum MAN 3 Malang dalam bentuk dokumenter begitujuga kunjungan pada MTsN 1 juga menayangkan profail dokumenternya dalam perkembangannya madrasah tsb juga memiliki modul / menerbitkan buku panduan atau pegangan. Buku itu diterbitkan bersama antara Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Komite, Osis dan Cendekiawan yang berkomitmen terhadap visi MTsN 1 dan  MAN 3 Malang. 
Kepala Kankemenag Kab. Pekalongan DR.H. Umar, MA mengatakan, keberhasilan dalam pengelolaan manajemen dilingkungan madrasah ditentukan oleh banyak faktor, keberhasilan kepemimpinan akan menjadi tolok ukur atau juga menjadi parameter bagi lembaga lain untuk bisa disandingkan atau dibandingkan antar lembaga sehingga menjadi lembaga tempat kajian. Kunjungan Belajar Kepala MTs dan MA Kab. Pekalongan ke MTsN.1 dan MAN.3 Malang Jawa Timur dalam rangka mencari pengalaman yang tidak bisa dipelajari secara teoritis akan tetapi bisa diterapkan, kunjungan  tersebut lebiht tepat disebut sebagai kunjungan belajar karena MTsN1 dan MAN3 Malang Jatim yang tadinya dikenal sebagai madrasah reguler madrasah tersebut mampu memposisikan sebagai madrasah pada level atas, tuturnya.
Beliau juga mengharapkan kepada bapak Kepala MAN 3, Dr. H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd, supaya jangan pelit-pelit memberikan informasi dan terus selalu menebar virus-virus kebaikan dalam pengembangan madrasah, tandasnya.
Kepala MAN.3 Malang Dr. H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd, dalam sambutanya beliau merasa senang atas kunjungan belajar tersebut dan bersedia memberikan kiat-kiat keberhasilannya dalam mengembangkan MAN 3 Malang, begitu juga saat rombongan bekunjung di MTsN 1, di temui langsung oleh Dra Hj. Binti Maqsudah, M.Pd selaku Kepala MTsN 1 Malang rombongan disambut dengan perlakuan sama dengan di MAN 3, setelah itu rombongan di persilahkan melihat-lihat lokasi. 
Dari hasil kunjungan belajar KK MTs dan MA Kab. Pekalongan dapat diringkas penjelasan secara detail tentang kondisi MTsN 1 dan MAN 3 sebagai berikut : 
1. Siswa.
Mayoritas siswa MTsN 1 dan MAN 3 justru berasal dari luar malang. Dari sejumlah siswa yang dari luar malang itu, 70% berasal dari luar jawa. Tidak kalah uniknya, siswa yang diterima sebagian besar berasal   SD dan SMP.
2. Sarana dan Prasarana.
MTsN 1 dan MAN 3 Malang saat ini memiliki gedung yang representatip. Selain gedung untuk pembelajaran, ada pula gedung pendukung yang berupa : Penginapan lengkap (RSBN) dengan aula, Masjid yang luas sehingga dapat menampung jama’ah yang banyak, Koperasi sebagai unit usaha. Koperasi ini berkembang pesat karena memiliki motto DUIT. D : Dedikasi yang tinggi. U : Usaha yang maksimal. I : Ikhlas dalam tugas. T : Taqwa, tabah, dan taqwa.  Motto ini bukan hanya tertulis diatas kertas, tapi dilaksanakan dengan melibatkan keluarga besar MTsN 1 dan MAN 3 Malang. 
3. Kerjasama dengan Sekolah dan Perguruan Tinggi Luar negeri.
MAN 3 Malang memiliki 2 basis bahasa selain Bahasa Indonesia, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Untuk mengembangkan kedua bahasa itu kerja sama dengan sekolah atau perguruan tinggi luar negeri mutlak dilaksanakan. Diantara sekolah dan perguruan tinggi antara lain : Aoyama School of Japanese Tokyo-Japan, I.C Nagoya-Japan, University of The Holy Quran and Islamic Sciences Sudan, Omduman University Sudan dan International University of Africa Sudan. Dalam kesempatan tertentu, MAN 3 menghadirkan guru langsung dari luar negeri.
4. Pelayanan Keunggulan.
Melayani guru dan siswa yang memiliki bakat dan keunggulan, sangat diperhatikan. Lewat penerimaan siswa baru, sudah dijaring potensi yang mungkin dimiliki oleh calon siswa. Tidak heran kalau kegiatan ekstar kurikulernya sangat banyak dan beragam.  Bentuknya berupa pemberian akses yang seluas-luasnya, sarana dan prasarana yang dimiliki. Pada MTsN 1, dibuka kelas Akselerasi dan Bilingual kelas ini di peruntukan bagi siswa yang memiliki kelebihan / kecerdasan khusus disamping kelas regular. 
5. Tata Tertib.
Sudah menjadi rumus umum, apabila ada sekolah yang memiliki keunggulan, maka didalamnya tersimpan tata tertib yang ketat. Pada awalnya, prioritas yang digarap adalah tentang budaya merokok dan membawa Hand Phone. Dari dua biang utama penyebab keruntuhan kedisiplinan inilah, MTsN 1 dan MAN 3 mulai merambah ke dalam bentuk lain, seperti penyelesaian tugas, kerjasama antar individu dalam kelompok dll.(hufron)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website |
Copyright © 2012 - 2013. MTs Rifa'iyah Wonokerto I Ponpes Faidlul Qodir I - All Rights Reserved
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang